Eksplorasi Penggunaan Platform Kahoot! Sebagai Media Belajar Matematika Pada Siswa Kelas VIII SMP

  • Moch. Anjas Aprihartha Universitas Dian Nuswatoro, Nusa Tenggara Barat,  Indonesia
  • Wahyu Aji Eko Prabowo Universitas Dian Nuswatoro, Nusa Tenggara Barat,  Indonesia
  • Vincentius Hadianta Wibawa Universitas Dian Nuswatoro, Nusa Tenggara Barat,  Indonesia
Keywords: Guru, Kahoot!, Pembelajaran, Platform, Siswa

Abstract

Pembelajaran merupakan mekanisme penyerapan ilmu pengetahuan yang terjadi di kelas. Dalam prosesnya terdapat aktivitas siswa dan guru yang didukung oleh  media,  alat,  metode,  serta  bahan  ajar  yang  sesuai dengan  kebutuhan  di  kelas. Permasalahan yang dialami dalam proses belajar pada umumnya dapat berdampak signifikan pada efektifitas pendidikan dan pencapaian hasil belajar. Oleh karena itu diperlukan adopsi teknik belajar yang lebih dinamis dan interaktif agar proses belajar menjadi menyenangkan.  Salah satunya dengan memanfaatkan platform Kahoot!. Platform Kahoot! merupakan website yang menyediakan media pembelajaran berbasis permainan interaktif. Pengabdian ini bertujuan untuk mengevaluasi kesesuaian penggunaan platform Kahoot! dalam pengembangan metode belajar serta akan dilakukan analisis sejauh mana respon siswa terhadap penggunaan fitur interaktif platform ini. Pelaksanaan kegiatan pengabdian ini berlokasi di SMPN 3 Gunung Sari dengan mengambil sampel siswa kelas VIII. Metode yang diterapkan meliputi studi lapangan, melatih siswa menggunakan Kahoot!, dan evaluasi hasil belajar. Secara keseluruhan dari hasil evaluasi yang telah dilaksanakan, siswa kelas VIII SMPN 3 Gunung Sari sepakat bahwa platform Kahoot! dapat memberikan pengalaman baru yang menyenangkan dalam menjalankan proses belajar matematika, terutama dari segi tampilan dan kejelasan soal yang dapat dipahami oleh peserta didik.

Abstract View: 27 PDF Download: 13
Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

References

Agustina, R., Suprianto, D., & Rosalin, S. (2019). Pelatihan Internet Dan Program Microsoft Office Untuk Membantu Administrasi Di Kelurahan Merjosari Kecamatan Lowokwaru Kota Malang. Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 129. Diunduh 21 September 2023 dari https://garuda.kemdikbud.go.id/documents/detail/1657581

Ahmad, M. F., Zakaria, N., Hassan, W. W., Razali, S. S., Abd Mutalib, N. N., & Bokhari, N. (2021, December). Educational game platform Kahoot! in teaching and learning process: A case study of new norms. In 2021 IEEE 9th Conference on Systems, Process and Control (ICSPC 2021) (pp. 147-152). IEEE. https://doi.org/10.1109/ICSPC53359.2021.9689146

Ardiansyah, M. (2020). Pemanfaatan aplikasi KAHOOT! sebagai media pembelajaran matematika kreatif. JUMLAHKU: Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan, 6(2), 145-155. https://doi.org/10.33222/jumlahku.v6i2.1136

Basri, S., Fitrawahyudi, F., Khaerani, K., Nasrullah, I., Ernawati, E., Aryanti, A., ... & Sakti, I. (2023). Peningkatan Kemampuan Literasi Digital di Lingkungan Pendidikan Berbasis Aplikasi Canva. Pengabdian Masyarakat Sumber Daya Unggul,1(2), 96-103. https://doi.org/10.37985/pmsdu.v1i2.65

Chaiyo, Y. & Nokham, R. (2017). The effect of Kahoot, Quizizz and Google Forms onthe student’s perception in the classrooms response system. In International Conference on Digital Arts, Media and Technology (ICDAMT). IEEE, Chiang Mai, Thailand, 178–182. DOI: 10.1109/ICDAMT.2017.7904957

Daryanes, F., & Ririen, D. (2020). Efektifitas Penggunaan Aplikasi Kahoot sebagai Alat Evaluasi pada Mahasiswa. Journal of Natural Science and Integration, 3(2), 172-186. http://dx.doi.org/10.24014/jnsi.v3i2.9283

Dewimarni, S., Ulhusna, M., & Marhayati, L. (2022). Penerapan Aplikasi Kahoot pada Mata Pelajaran Matematika untuk Meningkatkan Motivasi dan Minat Belajar Siswa Dikelas VII SMP Negeri 38 Padang. J-ABDI: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 1(8), 1935-1940. https://doi.org/10.53625/jabdi.v1i8.1024

Dirawan, G. D., Andayani, D. D., & Pertiwi, N. (2023). Peningkatan Literasi Digital pada Santri Pesantren Syeh Hasan Yamani memanfaatkan Aplikasi Canva. Jurnal Masyarakat Madani Indonesia, 2(4), 366-371. https://doi.org/10.59025/js.v2i4.129

Fajri, N., Akbar, A., & Zakir, S. (2021). Penerapan aplikasi kahoot dalam evaluasi pembelajaran PAI pada materi masuknya islam ke Nusantara di Kelas IX Di SMP N 1 Banuhampu Kabupaten Agam. Jurnal Kajian Dan Pengembangan Umat, 4(2). https://doi.org/10.31869/jkpu.v4i2.3040

Irawati, M. (2018). Profil minat dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika kelas vii i smp negeri 5 yogyakarta pada pokok bahasan penyajian data dengan menggunakan media pembelajaran kahoot. Universitas Sanata Dharma, Yogyakarta, 42. https://repository.usd.ac.id/31126/1/141414006.pdf

Irwan, I., Luthfi, Z. F., & Waldi, A. (2019). Efektifitas penggunaan kahoot! untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Pedagogia: Jurnal Pendidikan, 8(1), 95-104. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v8i1.1866

Mansir, F., & Fatimah, S. (2021). Penggunaan Aplikasi Pembukuan Melalui Digital Marketing dan Media Sosial Pada UMKM Bangunjiwo Bantul. Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 256-262. https://doi.org/10.24198/kumawula.v4i2

Mustikawati, F. E. (2019). Fungsi aplikasi kahoot sebagai media pembelajaran bahasa Indonesia. In Seminar Nasional Pendidikan Bahasa dan Sastra (pp. 99-104). Diunduh 21 September 2023 dari https://ejournal.unib.ac.id/semiba/article/view/10281

Ningsih, W. F., & Hayati, I. R. (2020). Dampak efikasi diri terhadap proses & hasil belajar matematika (the impact of self-efficacy on mathematics learning processes and outcomes). Journal on Teacher Education, 1(2), 26-32. https://doi.org/10.31004/jote.v1i2.514

Nurbani, N., Lestari, I., & Santoso, D. (2021). Pelatihan pembuatan media evaluasi daring menggunakan Kahoot. GERVASI: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 5(3), 460-467. https://doi.org/10.31571/gervasi.v5i3.2273

Nurmalina, N., Rahila, C. D. I., Surbakti, A. H., Wahyuningsih, S. K., & Batubara, M. H. (2022). Pelatihan Penggunaan Aplikasi Canva Sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Literasi Digital Mahasiswa. JPMA-Jurnal Pengabdian Masyarakat As-Salam, 2(2), 48-53. https://doi.org/10.37249/jpma.v2i2.532

Prasetia, U., Kadir, H., & Supriyadi, S. (2023). Penerapan Media Kahoot pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas VII SMPN 2 Wanggarasi Kabupaten Pohuwato. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Budaya, 9(1), 141-148. https://doi.org/10.32884/ideas.v9i1.1201

Putra, A., & Afrilia, K. (2020). Systematic literature review: penggunaan kahoot pada pembelajaran matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Al Qalasadi, 4(2), 110-122. https://doi.org/10.32505/qalasadi.v4i2.2127

Seftiani, I. (2019). Alat Evaluasi Pembelajaran Interaktif Kahoot pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di Era Revolusi Industri 4.0. In Seminar Nasional Pendidikan Bahasa Dan Sastra (pp. 284-291). Diunduh 21 September 2023 dari https://ejournal.unib.ac.id/semiba/article/view/10342

Sembiring, E. H. B., & Listiani, T. (2023). Game Based Learning Berbantuan Kahoot! dalam Mendorong Keaktifan Siswa pada Pembelajaran Matematika. GAUSS: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 26-40. https://doi.org/10.30656/gauss.v6i1.5708

Setiawan, A., Susanto, S., & Wardhani, I. S. K. (2024). Pelatihan Pembuatan Poster Melalui Aplikasi Canva Untuk Meningkatkan Literasi Digital pada Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, 4(1), 22-33. https://doi.org/10.53621/jippmas.v4i1.274

Syarifudin, A. S. (2020). Impelementasi pembelajaran daring untuk meningkatkan mutu pendidikan sebagai dampak diterapkannya social distancing. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Metalingua, 5(1), 31-34. https://doi.org/10.21107/metalingua.v5i1.7072

Wijayanti, R. R., Hermanto, D., Novitasari, A. T., & Liesdiani, M. (2021). Pelatihan dan Pendampingan Pembuatan Soal Menggunakan Aplikasi Quizizz dan Kahoot sebagai Evaluasi Pembelajaran Masa Pandemi. Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(3), 557-560. https://doi.org/10.24198/kumawula.v4i3.35760

Published
2024-11-16
How to Cite
Aprihartha, M. A., Prabowo, W. A. E., & Wibawa, V. H. (2024). Eksplorasi Penggunaan Platform Kahoot! Sebagai Media Belajar Matematika Pada Siswa Kelas VIII SMP. Jurnal Inovasi Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat, 4(2), 152-160. https://doi.org/10.53621/jippmas.v4i2.383
Section
Pengabdian Masyarakat
Abstract viewed = 27 times
PDF downloaded = 13 times