Editorial Policies

Kebijakan Editorial

 

Fokus dan Ruang Lingkup

Jurnal Inovasi Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (JIPPMas) menerbitkan artikel penelitian dan pengabdian kepada masyarakat tentang berbagai inovasi yang menarik dan berdampak pada perkembangan pendidikan. Jurnal ini menerbitkan artikel tentang interdisipliner dan dimensi lintas bidang yang terkait dengan penelitian dan pengabdian manyarakat yaitu:
1. Strategi atau Model Pembelajaran
2. Penelitian Pendidikan
3. Pengembangan dan Media Pembelajaran
4. Pemanfaatan TIK dalam Pembelajaran
5. Inovasi Penggunaan Teknologi Pendidikan
6. Pengembangan Kurikulum
7. Inovasi Pembelajaran
8. Penelitian Tindakan Kelas
9. Penilaian dan Evaluasi
10. Psikologi Pendidikan
11. Manajemen Pendidikan
12. Pengembangan Pendidikan
13. Pengabdian Kepada Masyarakat
 

Kebijakan Bagian

Komentar dan Kritik

Checked  Kiriman Terbuka Checked Terindeks Unchecked Peer Reviewed

Artikel

Checked Kiriman Terbuka Checked Terindeks Checked Peer Reviewed

 

Proses Peer Review

Artikel yang dikirimkan pertama kali ditinjau oleh editor untuk melihat apakah cocok untuk jurnal JIPPMas berdasarkan fokus dan ruang lingkup yang dimiliki dan mempertimbangkan hasil cek similarity dengan menggunakan Turnitin. Naskah akan dikirim minimal 2 orang Reviewer dengan sistem Double Blind Peer Review. saran dari reviewer kemudian dikirim ke penulis untuk selanjutnya dipertimbangkan dalam perbaikan artikel.

Keputusan yang diusulkan akan dievaluasi dalam rapat dewan redaksi. Setelah itu, editor akan mengirimkan keputusan akhir kepada penulis yang bersangkutan dengan mempertimbangkan umpan balik dari proses peer review, Editor akan membuat keputusan publikasi akhir. Proses peninjauan akan memakan waktu sekitar 4 hingga 12 minggu. Kategori keputusan meliputi:

  • Tolak - Naskah yang ditolak tidak akan diterbitkan dan penulis tidak akan memiliki kesempatan untuk mengirimkan kembali versi revisi naskah ke Jurnal JIPPMas.
  • Kirim Ulang untuk Ditinjau– Pengajuan perlu dikerjakan ulang, tetapi dengan perubahan signifikan, dapat diterima. Namun, itu akan membutuhkan tinjauan putaran kedua.
  • Diterima dengan Revisi - Naskah yang menerima keputusan revisi, akan diterbitkan di Jurnal JIPPMas dengan syarat dilakukan modifikasi kecil/besar. Revisi akan ditinjau oleh editor untuk memastikan pembaruan yang diperlukan dilakukan sebelum publikasi.
  • Terima - Naskah yang diterima akan diterbitkan dalam bentuk saat ini tanpa modifikasi lebih lanjut.

 

Publikasi Frequency

Jurnal Inovasi Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, merupakan peer-reviewed Penelitian dan pengabdian masyarakat yang dikelola dan diterbitkan oleh Indonesia Emerging Literacy Education serta dapat bekerja sama dengan penerbit lain untuk meningkatkan kualitas penelitian dan pengabdian masyarakat. JIPPMas terbit secara berkala 2 kali dalam setahun pada bulan Juni dan Desember, dengan jumlah terbitan minimal 5 artikel dalam setiap terbitan.

 

Kebijakan Akses Terbuka

Jurnal ini menyediakan akses terbuka langsung ke isinya dengan prinsip bahwa membuat penelitian tersedia secara bebas untuk umum untuk mendukung pertukaran pengetahuan secara luas.

Jurnal ini merupakan jurnal akses terbuka yang artinya semua konten tersedia secara gratis tanpa dipungut biaya kepada pengguna atau/lembaga. Pengguna diperbolehkan untuk membaca, mengunduh, menyalin, mendistribusikan, mencetak, mencari, atau menautkan ke artikel teks lengkap dalam jurnal ini tanpa meminta izin terlebih dahulu dari penerbit atau penulis.

 

Anti-plagiarism policy

Semua artikel yang dikirim ke JIPPMas harus merupakan karya asli penulis atau bebas dari plagiarisme. Artikel yang dikirim ke JIPPMas belum pernah diposting/dikirim di media manapun. Penulis bertanggung jawab atas keaslian naskah yang dikirimkan. Semua naskah yang masuk akan diperiksa untuk mencegah plagiarisme dengan menggunakan perangkat lunak Turnitin atau anti-plagiarisme hingga maksimal 20% dan akan ditampilkan hasil cek plagiasinya pada OJS saat publish serta bisa diunduh oleh para penulis maupun pembaca.

 

Artikel in Press (Online First)

Artikel in Press merupakan artikel yang diterima untuk diterbitkan dalam publikasi ini. Ketika artikel akhir ditetapkan ke nomor/edisi terbitan, artikel dalam versi in Press akan dihapus dan versi final akan muncul di nomor/edisi terbitan terkait. Tanggal artikel pertama kali tersedia secara online akan terbawa. Perlu diketahui bahwa, meskipun artikel di media cetak belum memiliki semua rincian bibliografi, mereka sudah dapat dikutip menggunakan tahun publikasi online dan DOI, sebagai berikut: penulis, judul artikel, Publikasi (tahun), DOI .

Silakan berkonsultasi dengan gaya referensi jurnal untuk tampilan yang tepat dari elemen-elemen ini, singkatan nama jurnal dan penggunaan tanda baca.

Ada tiga jenis Artikel in Press:

  • Journal pre-proofs : versi artikel yang telah mengalami penyempurnaan setelah diterima, seperti penambahan halaman sampul dan metadata, dan pemformatan agar mudah dibaca, tetapi belum merupakan versi rekaman yang definitif. Versi-versi ini akan menjalani copyediting, penyusunan huruf, dan tinjauan tambahan sebelum diterbitkan dalam bentuk akhir, tetapi disediakan untuk memberikan visibilitas awal artikel. Harap dicatat bahwa selama proses produksi, kesalahan dapat ditemukan yang dapat mempengaruhi konten, dan semua penolakan hukum yang berlaku untuk jurnal terkait.
  • Uncorrected proofs : artikel yang telah disalin diedit dan diformat, tetapi belum difinalisasi. Mereka masih perlu dibaca dan dikoreksi oleh penulis dan teksnya masih bisa berubah sebelum publikasi akhir.
  • Corrected proofs : artikel yang berisi koreksi penulis. Detail kutipan akhir, misalnya volume dan/atau nomor terbitan, tahun publikasi dan nomor halaman, masih perlu ditambahkan dan teks mungkin berubah sebelum publikasi akhir.

 

Kebijakan Internal

Redaksi, Peer-reviewer, dan Proofreader dari JIPMas diperbolehkan mengirimkan artikel dalam jurnal ini dengan ketentuan sebagai berikut:

  1. Redaktur dan Peer-reviewer JIPMas yang mengirimkan artikel ke jurnal ini akan dibebaskan sementara dari proses editorial (terutama dalam naskah mereka) mulai dari saat mereka mengirimkan artikel. Kebijakan ini termasuk dalam keputusan untuk menerbitkan artikel (diterima tanpa revisi, diterima dengan revisi kecil, diterima dengan revisi besar, atau ditolak) minimal 1 edisi/nomor.
  2. Redaksi dan Peer-reviewer JIPPMas yang mengirimkan artikel tidak diperkenankan ikut campur dalam proses redaksi edisi/nomor saat artikel dikirim ke JIPMas.
  3. Setiap proses editorial akan dilakukan oleh Editor lain, Peer-reviewer sehingga proses berlanjut tanpa masalah.
  4. Tidak ada perlakuan khusus bagi Redaksi dan Peer-reviewer JIPMas yang mengirimkan artikel ke JIPMas.

 

Pernyataan Jurnal Ilmiah

Artikel yang dimuat dalam Jurnal JIPMas terbukti secara ilmiah mengikuti kode etik publikasi ilmiah. Kode etik sendiri menjunjung tinggi tiga nilai etika dalam publikasi, yaitu, (1) Netralitas (bebas dari benturan kepentingan dalam mengelola publikasi); (2) Keadilan (memberikan hak kepengarangan kepada penerima sebagai penulis); dan (3) Kejujuran (bebas dari duplikasi, pemalsuan, dan plagiarisme) dalam publikasi. Artikel yang diterbitkan juga mengikuti prosedur atau perintah tertentu, seperti review double-blind dan proses revisi yang konsisten dengan review jurnal reguler, untuk memastikan kualitasnya tetap terjaga.

 

Lisensi

Creative Commons License
Artikel yang terbit dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

Aplikasi Refrensi

Semua artikel yang dikirim ke JIPPMas harus menggunakan perangkat lunak manajemen referensi (misalnya Mendeley, EndNote, dan Zotero) dengan kutipan gaya American Psychological Association 7th Edition.

 

Pengarsipan

JIPMas disimpan dalam arsip digital untuk memastikan pelestarian digital jangka panjang. Arsip-arsip tersebut antara lain:

  1. Indonesia One Search
  2. Garuda (Digital Referral Guard)
  3. Google Drive Journal

 

JIPPMas's Documents

1. SK p-ISSN
2. SK e-ISSN