Studi Literatur: Pengembangan Media Pembelajaran dengan Video Animasi Powtoon
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) kelayakan media pembelajaran dengan video animasi powtoon; (2) respons terhadap media pembelajaran dengan video animasi powtoon; (3) hasil belajar setelah menerapkan media pembelajaran dengan video animasi powtoon. Teknik pengumpulan data dengan cara mengumpulkan beberapa penelitian terdahulu untuk menjawab kelayakan media, respons, dan hasil belajar setelah menerapkan media pembelajaran dengan video animasi powtoon. Penelitian terdahulu yang sudah terkumpul selanjutnya dikompilasi, dianalisis, dan disimpulkan sehingga mendapatkan kesimpulan mengenai pengembangan media pembelajaran dengan video animasi powtoon. Hasil penelitian (1) media pembelajaran dengan video animasi powtoon dikatakan layak karena memenuhi aspek-aspek kevalidan media terhadap video animasi powtoon dengan persentase rata-rata penialain validasi ≥ 61% - 100% dengan kualitatif baik hingga sangat baik, (2) respons terhadap media pembelajaran dengan video animasi powtoon dikatakan baik karena responden menunjukkan ketertarikan terhadap media dengan persentase rata-rata peniaian hasil respons ≥ 61% - 100% dengan baik hingga sangat baik, (3) media pembelajaran dengan video animasi powtoon yang dapat meningkatkan hasil belajar adalah media pembelajaran dengan video animasi powtoon yang telah memenuhi aspek kelayakan media serta hasil uji penerapan media menunjukkan peningkatan hasil belajar setelah menerapkan video animasi powtoon.
Metrics
References
Arda, Saehana, S. & Darsikin. (2015). Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis komputer untuk siswa SMP Kelas VIII. Mitra Sains, 3(1), 69-77. http://jurnal.pasca.untad.ac.id/index.php/MitraSains/article/view/66
Arikunto, S. (2000). Manajemen penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Astika, R. Y., Anggoro, B. S., & Andriani, S. (2019). Pengembangan video media pembelajaran matematika dengan bantuan powtoon. Jurnal Pemikiran dan Penelitian Pendidikan Matematika (JP3M), 2(2), 85-96. https://journal-litbang-rekarta.co.id/index.php/jp3m/article/download/29/37/
Fajar, S., Riyana, C., & Hanoum, N. (2017). Pengaruh penggunaan media powtoon terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial terpadu, 3(2), 101-114.
Hendriawan, M. A., & Septian, A. (2019). Pengembangan JIMATH sebagai multimedia pembelajaran matematika berbasis android untuk siswa sekolah menengah atas. IndoMath: Indonesia Mathematics Education, 2(1), 45-52. https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/Indomath/article/view/2785
Hidayati, A., Adi, E., & Praherdhiono, H. 2019. Pengembangan media video pembelajaran untuk meningkatkan pemahaman materi gaya kelas IV di SDN Sukoiber 1 Jombang. JINOTEP: Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran, 6(1), 45-50. http://journal2.um.ac.id/index.php/jinotep/article/view/7401
Hidayatulloh, M. (2017). Pengembangan meedia pembelajaran menggunakan software adobe flash pada pokok bahasan barisan dan deret kelas XII SMA Negeri 16 Makasar. [Skripsi]. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin, Makassar.
Juliana, Erviyenni, & Rini. (2017). Pengembangan media pembelajaran berbasis powtoon pada pokok bahasan struktur atom di kelas x sma/sederajat. Jurnal Online Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 4(2), 1-10. https://www.neliti.com/publications/200669/
Juhaeni, J., Safaruddin, S., & Salsabila, Z. P. (2021). Articulate Storyline Sebagai Media Pembelajaran Interaktif Untuk Peserta Didik Madrasah Ibtidaiyah. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 8(2), 150–159. https://doi.org/10.24252/AULADUNA.V8I2A3.2021
Laksono, D., Iriansyah, H., S., & Oktaviana, E. (2020). (2020, 24 November). Pengembangan media pembelajaran video interakrif powtoon pada mata pelajaran IPA materi komponen ekosistem, 2nd SEMNARA 2020 seminar nasional pendidikan, STKIP Kusuma Negara.
Latifah, N., & Lazulva, L. (2020). Desain dan uji coba media pembelajaran berbasis video animasi powtoon sebagai sumber belajar pada materi sistem periodik unsur. Journal Education and Chemistry 2(1), 26-31. http://www.ejournal.iniks.ac.id/index.php/JEDCHEM/article/view/428
Liesdiani, D., Syaodih, E., & Mariam, P. (2016). Pengembangan multimedia pembelajaran berbasis audio visual powtoon untuk meningkatkan motivasi belajar. JP2EA: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Ekonomi Akuntansi, 2(2): 139-149. https://jurnal.fkip.unla.ac.id/index.php
Mardalis. (1999). Metode penelitian suatu pendekatan proposal. Jakarta: Bumi Aksara
Mirzaqon, T, A. & Purwoko, B. (2017). Studi kepustakaan mengenai landasan teori dan praktik konseling expressive writing. Jurnal BK Unesa, 8(1).
Musfiqon. (2019). Pengembangan media belajar dan sumber belajar. Jakarta: Prestasi Pustakakarya.
Nurrita, T. (2018). Pengembangan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Jurnal Misykat, 3(1), 171-187. http://media.neliti.com/media/publications
One. (2017). Efektivitas penggunaan media pembelajaran audiovisual powtoon dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di madrasah aliyah. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 6(3). https://www.neliti.com/publications/210239/
Pujiriyanto, 2012, Teknologi Untuk Pengembangan Media dan Pembelajaran. Yogyakarta: UNY Press.
Riduwan (2013). Dasar-dasar statistika (edisi revisi). Bandung: Alfabeta.
Rohinah. (2015). Pengembangan aplikasi bahan ajar pendidikan agama islam berbasis android di sekolah menengah atas. Al-Athfal : Jurnal Pendidikan Anak, 1, 79–94.
Rosmayanti, D. & Zanthy, L. S. (2019). Pengembangan media pembelajaran berbasis visual basic application powerpoint pada materi sistem persamaan linear dua variabel. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 2(6), 401–414. https://www.journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/jpmi/article/view/3176
Salafudin, Pramesti, S. L. D., & Rini, J. (2018). Pengembangan bahan ajar matematika SMP berwawasan nasionalisme dan kemandirian. MaPan : Jurnal Matematika dan Pembelajaran, 6, 20–30. http://repository.iainpekalongan.ac.id/190/
Santosa, M. A., Iswadi, M., & Harlin. (2015). Pengembangan media pembelajaran menggunakan autocad pada mata kuliah gambar teknik di program studi pendidikan teknik mesin universitas sriwijaya. [Skripsi]. Palembang, Universitas Sriwijaya.
Sari, M. & Asmendri. (2020). Penelitian kepustakaan (Library Reasearch) dalam penelitian pendidikan IPA. Jurnal Penelitian Bidang IPA dan Pendidikan IPA, 6(1), 41-53. https://ejournal.uinib.ac.id/jurnal/index.php/naturalscience/article/view/1555
Suhendra, I., Enawaty, E., & Melati, H. A. (2018). Pengaruh penggunaan media audiovisual powtoon terhadap motivasi dan hasil belajar siswa materi unsur senyawa campuran. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 7(3), 1-8. https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/24238
Syafitri, D., Nevrita., & Asikin, N. (2019). Multimedia berbasis powtoon materi sistem pernapasan manusia kelas VIII: dikaji dari aspek validitas. [tidak dipublikasikan], Tanjungpinang, Universitas Maritim Raja Ali Haji.
Wisudawan, W., Hendriana, B., Nuriadin, I., & Ramza, H. (2017). Pengembangan aplikasi math mobile learning bangun datar berbasis android pada materi segitiga dan segiempat pelajaran matematika di tingkat SMP, Seminar Nasional TEKNOKA, 2, 8–13. http://journal.uhamka.ac.id/index.php/teknoka/article/view/647
Wulandari, Y., Ruhiyat, Y., & Nulhakim, L. (2020). Pengembangan media video berbasis powtoon pada mata pelajaran IPA di kelas V. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 8(2), 269-279. http://e-repository.unsyiah.ac.id/JPSI/article/view/16835
Copyright (c) 2021 Jurnal Inovasi Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.